Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-FLASHCARD PADA TEMA ENERGI DAN PERUBAHANNYA KELAS III SEKOLAH DASAR

FITRIANI, FITRIANI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-FLASHCARD PADA TEMA ENERGI DAN PERUBAHANNYA KELAS III SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + PENGESAHAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text
A. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
F. BAB 1.pdf

Download (269kB)
[img] Text
K .DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

Media pembelajaran E-Flashcard salah satu alat yang digunakan dalam menyampaikan pesan dari guru kepada peserta didik, terdapat gambar kosa-kata dan simbol. kurangnya penggunaan media membuat tujuan pembelajaran tidak tercapai, sehingga membutuhkan pengembangan media pembelajaran yang dapat meningkatkan pembelajaran menjadi kreatif dan inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk tertentu dan diuji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk tersebut dengan diuji cobakan pada 26 peserta didik kelas III Sekolah Dasar. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini adalah media pembelajaran E-Flashcard. Media pembelajaran E-Flashcard dilakukan prosedur berdasarkan langkah-langkah pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemetation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran E-Flashcard pada tema Energi dan Perubahannya kelas III Sekolah Dasar yang dilakukan oleh peneliti pengembangan dengan kriteria sangat valid dari lembar validasi oleh ahli atau pakar, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik. Hasil analisis pada validasi ahli mendapatkan skor rata-rata 91,9% dalam kategori sangat layak. Angket respon peserta didik dengan skor persentase 90,8% sangat praktis, dan tes hasil belajar peserta didik mendapatkan skor rata-rata persentase 76,9% dalam kategori efektif. Hal ini menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran E-Flashcard pada tema Energi dan Perubahannya efektif.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorDestiniar, DestiniarNIDN0010126301
ContributorNurlela, NurlelaNIDN0213038601
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:43
Last Modified: 19 Jul 2024 07:43
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item