Siti Wulanda, Arfah (2024) PENGARUH METODE PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS V SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf Download (171kB) |
|
Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf Download (171kB) |
|
Text
f. BAB I.pdf Download (203kB) |
|
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh metode Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar di kelas V SD. Tujuan yang dicapai pada penelitian ini untuk mengetahui adalah adakah pengaruh metode Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar di kelas V SD. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 81 Palembang yang berjumlah 193. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik yang digunakan teknik tes dan dokumentasi. Berdasarkan tes hasil belajar diketahui tes kelas eksperimen dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40 rata-rata 83,33. Sedangkan hasil tes kelas kontrol dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 10 rata-rata 55,66. Hasil perhitungan diperoleh thitung = 1,647 dan ttabel = 0,025 taraf signifikan = 0,05. Berarti thitung > ttabel, maka Ha diterima menunjukkan terdapat pengaruh metode Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar di kelas V SD.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 30 Nov 2024 02:26 | |||||||||
Last Modified: | 30 Nov 2024 02:26 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1685 |
Actions (login required)
View Item |