Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 98 PALEMBANG

ZIKRI, YULIANSYAH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI 98 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (181kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (100kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif berupa Quasi Experiment dengan desain posttest only control design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 98 Palembang dengan objek penelitian yaitu siswa kelas V.A sebagai kelas eskperimen dan V.B sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test. Berdasarkan analisis data, terlihat bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari perhitungan uji t-test untuk hasil belajar IPAS yang memperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar (0,001) ≤ α (0,05) dan nilai thitung sebesar 3,454 ≥ ttabel 2,003. Berdasarkan kriteria keputusan, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terbukti bahwa penerapan model model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) pada pembelajaran IPAS berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNuranisa, NuranisaNIDN0209108801
ContributorRobert Budi, LaksanaNIDN0223048601
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 30 Nov 2024 02:25
Last Modified: 30 Nov 2024 02:25
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1682

Actions (login required)

View Item View Item