Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SDN 35 BANYUASIN III

FENNY, AMBARRULAN (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SDN 35 BANYUASIN III. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. Cover + Lembar Pengesahan.pdf

Download (43kB)
[img] Text
A. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (73kB)
[img] Text
F.BAB I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
K.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (299kB)

Abstract

Karya seni yang wujud kesan artistiknya lebih diutamakan, ditentukan dengan ukuran panjang atau lebar, serta hanya dapat terlihat dari satu arah disebut seni rupa dua dimensi. Oleh karena itu, penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 35 Banyuasin III dalam membuat karya seni rupa dua dimensi masih terbilang rendah. Solusi untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menggunakan pembelajaran yang berdasarkan kebutuhan belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar seni rupa dalam kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa kelas IVA dan IVB SD Negeri 35 Banyuasin III tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar yaitu kemampuan menggambar. Data hasil tes dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t (independent sample T-tes). Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar seni rupa menggambar motif batik khas Banyuasin. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai akhir siswa kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi yaitu 75,6 lebih besar dari kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan metode konvensional yaitu 60,31. Dan hasil pengujian hipotesis dimana thitung sebesar 3,441 dan ttabel sebesar 1,699 yang berarti thitung > ttabel atau 3,441 > 1,699 dengan taraf signifikan 0,05, maka HO tolak dan Ha diterima. Dengan demikian dalam hipotesis penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar seni rupa dalam kurikulum merdeka di SD Negeri 35 Banyuasin III.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorErma, YulianiNIDN0221067401
ContributorRobert Budi, LaksanaNIDN0223048601
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:42
Last Modified: 19 Jul 2024 07:42
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/168

Actions (login required)

View Item View Item