FENNY, AMBARRULAN (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR SENI RUPA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SDN 35 BANYUASIN III. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
D. Cover + Lembar Pengesahan.pdf Download (43kB) |
|
Text
A. ABSTRAK - Indonesia.pdf Download (73kB) |
|
Text
F.BAB I.pdf Download (415kB) |
|
Text
K.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (299kB) |
Abstract
Karya seni yang wujud kesan artistiknya lebih diutamakan, ditentukan dengan ukuran panjang atau lebar, serta hanya dapat terlihat dari satu arah disebut seni rupa dua dimensi. Oleh karena itu, penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 35 Banyuasin III dalam membuat karya seni rupa dua dimensi masih terbilang rendah. Solusi untuk meningkatkan hasil belajar adalah dengan menggunakan pembelajaran yang berdasarkan kebutuhan belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar seni rupa dalam kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa kelas IVA dan IVB SD Negeri 35 Banyuasin III tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar yaitu kemampuan menggambar. Data hasil tes dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t (independent sample T-tes). Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar seni rupa menggambar motif batik khas Banyuasin. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai akhir siswa kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan pembelajaran berdiferensiasi yaitu 75,6 lebih besar dari kelas kontrol yang diberi perlakuan menggunakan metode konvensional yaitu 60,31. Dan hasil pengujian hipotesis dimana thitung sebesar 3,441 dan ttabel sebesar 1,699 yang berarti thitung > ttabel atau 3,441 > 1,699 dengan taraf signifikan 0,05, maka HO tolak dan Ha diterima. Dengan demikian dalam hipotesis penelitian ini yaitu terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar seni rupa dalam kurikulum merdeka di SD Negeri 35 Banyuasin III.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 07:42 | |||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:42 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/168 |
Actions (login required)
View Item |