Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS III SEKOLAH DASAR

Febriani Indah, Puspitasari (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQ3R (Survey, Question, Read, Recite and Review) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS III SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
4. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (36kB)
[img] Text
1. ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf

Download (152kB)
[img] Text
11, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi yaitu proses pembelajaran kurang melibatkan siswa, respon siswa tidak terlalu fokus sehingga sulit memahami pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan penggunaan model pembelajaran tidak tepat dimana guru hanya menggunakan model pembelajaran konvesional yaitu ceramah sehingga membuat rendahnya hasil belajar siswa khususnya dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SQ3R (survey, question, read, recite and review) berbantuan video animasi terhadap hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 222 Palembang. Metode yang digunakan peneliti adalah metode True Experimental Design dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Independent sampel t-test (uji-t). Berdasarkan hasil penelitian ini analisis data dan pembahasan dibuktikan dengan rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebesar 66,15 dan kelas eksperimen sebesar 80 yang artinya metode pembelajaran SQ3R Berbantuan Video Animasi terdapat pengaruh dibandingkan dengan model pembelajaran konvesional. Dan hasil perhitungan uji-t dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hasil derajat penting 0,000 lebih kecil dari nilai sig 0.05 artinya 0,000 < 0,05. Hasil uji t ttabel 1,674 diperoleh thitung 3,749 menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran SQ3R berbantuan video animasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMasnunah, MasnunahNIDN0219027101
ContributorSylvia Lara, SyaflinNIDN0201108003
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:41
Last Modified: 19 Jul 2024 07:41
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item View Item