Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PMRI PADA MATERI PECAHAN KELAS V SD

AYANG, PERMANA (2021) PENGEMBANGAN E-BOOK BERBASIS PMRI PADA MATERI PECAHAN KELAS V SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
c. COVER DAN LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
b. ABSTRAK B.INDONESIA.pdf

Download (105kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
k. Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan e-book pada materi pecahan yang valid, praktis, dan efek potensial untuk siswa kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar yang berjumlah 19 orang siswa. E-book yang dikembangkan menggunakan model ADDIE, yaitu: (1) Analysis (2) Design (3) Development, (4) Implementasi, dan (5) Evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar walklough, lembar angket validasi, lembar angket respon siswa, dan tes. Penelitian ini menghasilkan e-book yang merupakan bahan ajar non cetak. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kevalidan menggunakan angket validasi ahli, analisis kpraktisan menggunakan angket respon siswa dan analisi efek potensial menggunakan lembar uji lembar soal siswa. Hasil analisis data pengembangan e-book materi pecahan yang dilakukan oleh peneliti telah dikembangkan dengan kategori valid dari lembar angket validasi dengan nilai rata-rata kevalidan 89,55%, e-book materi pecahan yang dikembangkan dengan kategori praktis dari lembar angket respon siswa dalam uji coba dengan nilai rata-rata kepraktisan sebesar 91,43%, dan juga e-book materi pecahan yang dikembangkan dengan kategori efek potensial dari hasil uji lembar soal siswa dengan nilai rata-rata efek potensial sebesar 85,78%. Berdasarkan hasil validasi, praktis dan efek potensial serta hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-book berbasis PMRI pada materi pecahan kelas V SD dapat digunakan dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNila, KesumawatiNIDN0031056801
ContributorArief, KuswidyanarkoNIDN0217039001
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 14 Nov 2024 06:58
Last Modified: 14 Nov 2024 06:58
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1610

Actions (login required)

View Item View Item