DINNY MAYVIA, PUTRI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
cover & pengesahan.pdf Download (230kB) |
|
Text
abstrak indonesia.pdf Download (105kB) |
|
Text
Bab I-2.pdf Download (337kB) |
|
Text
Daftar pustaka-1.pdf Download (295kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi permasalahan, yakni Pembelajaran IPS di kelas V di SDN 6 Penukal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dilakukan secara textbook, ini membuat siswa beranggapan bahwa materi sejarah semacam teori yang harus dihafalkan. Siswa tidak memahami konsep IPS sejarah yang diajarkan namun sekedar menghafal kronologis peristiwa sejarah yang disajikan dalam cerita. Penelitian dan pengaruh ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode jarimatika menggunakan media papet terhadap hasil belajar siswa SD Negeri 1 Terusan Menang dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 6 Penukal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen control group design. Populasi yang digunakan berjumlah 228 siswa dan sampel berjumlah 64 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian yang digunakan menggunakan uji t. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau Model Pembelajaran STAD berbantu media Poster dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD 6 Penukal.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2024 06:27 | |||||||||
Last Modified: | 09 Nov 2024 06:27 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1564 |
Actions (login required)
View Item |