Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PEGEMBANGAN MODUL AJAR NUMERASI DALAM MENDORONG MINAT BELAJAR ANAK KELAS V SD NEGERI 2 PANANG ENIM

Dike, Arenza (2024) PEGEMBANGAN MODUL AJAR NUMERASI DALAM MENDORONG MINAT BELAJAR ANAK KELAS V SD NEGERI 2 PANANG ENIM. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER+Lembar Pengesahan.pdf

Download (182kB)
[img] Text
A. ABSTRAK-INDONESIA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
F.BAB I.pdf

Download (288kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Ajar Numerasi dengan mengambil materi jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok), modul di desain menggunakan aplikasi canva serta penggunaan barcode yang dapat terhubung websaite quiziz dan akses modul ajar numerasi dalam mendorong minat belajar anak kelas V SD yang valid, praktis dan efek potensial agar siswa lebih mudah memahami materi jaring-jaring bangun ruang sederhana. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Panang Enim. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SD dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi ,angket dan dokumentasi. Hasil dari ketiga validator ahli media, bahasa, dan materi pada penelitian ini didapatkan skor rata-rata 91,6% dengan kriteria valid. Sedangkan hasil kepraktisan dari angket respon siswa berada pada kriteria sangat praktis dengan nilai rata-rata 91,1%. Selanjunya hasil penilaian efek potensial dengan memberikan angket kepada siswa di dapatkan nilai rata-rata 84,9% dengan kategori sangat Efektif. Maka dapat sisimpulkan produk yang telah dikembangkan valid, praktis dan memiliki efek potensial. Dari hasil yang didapatkan pada bahwa pengembangan modul ajar numerasi dalam mendorong minat belajar anak kelas V SD yang valid dan sangat praktis dapat digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat dimanfaatkan dalam proses kegiatan belajar mengajar dan membantu guru maupun siswa demi tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorJayanti, JayantiNIDN0225028504
ContributorMarleni, MarleniNIDN0217038001
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 05:08
Last Modified: 19 Jul 2024 05:08
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item View Item