Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH METODE ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR

VIVI, NOVERA (2024) PENGARUH METODE ICE BREAKING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (284kB)
[img] Text
A. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (110kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan ice breaking pada pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif berupa pre-experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 99 Palembang dengan objek penelitian yaitu siswa kelas V.B sebagai kelas eskperimen. Uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test. Berdasarkan analisis data, terlihat bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan ice breaking pada pelajaran Bahasa Indonesia terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dilihat dari perhitungan uji t-test untuk hasil belajar Bahasa Indonesia yang memperoleh nilai Sig. (2- tailed) sebesar (0,001) ≤ α (0,05) dan nilai thitung sebesar 3,547 ≥ ttabel 2,056. Berdasarkan kriteria keputusan, maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga terbukti bahwa penggunaan ice breaking pada pembelajaran Bahasa Indonesia berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRamanata, DisuryaNIDN0225126601
ContributorFerri, HidayadNIDN0224057502
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 01 Nov 2024 03:13
Last Modified: 01 Nov 2024 03:13
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1442

Actions (login required)

View Item View Item