Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF-EFFICACY DI SD NEGERI 80 PALEMBANG

RINDI, RINDI (2023) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN SELF-EFFICACY DI SD NEGERI 80 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. cover+lembar pengesahan.pdf

Download (96kB)
[img] Text
a. abstrak indonesia.pdf

Download (109kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] Text
k. Daftar Pustaka.pdf

Download (264kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy siswa di SD Negeri 80 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif eksperimen , populasi yang diambil dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 1 sampai 6 di SD Negeri 80 palembang. Sampel yang akan digunakan yaitu kelas V.A berjumlah 30 peserta didik dengan menggunakan pendekatan PMRI dan kelas V.B berjumlah 30 peserta didik dengan menggunakan pendekatan konvensioanl. Teknik pengambilan sampel pada peneltian ini yaitu cluster random sampling. Rancangan perlakuan adalah posttest only control design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes yang digunakan untuk kemampuan representasi matematis dan angket yang digunakan untuk self-efficacy siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu ANOVA Dua Jalur dengan signifikasi = 0,05. Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan adalah : 1) Terdapat pengaruh pendekatan PMRI terhadap kemampuan representasi matematis siswa, 2) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis berdasarkan self-efficacy siswa, 3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan self-efficacy terhadap kemampuan representasi matematis siswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNila, KesumawatiNIDN0018086701
ContributorPutri Dewi, NurhasanaNIDN0204109107
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 22 Oct 2024 03:09
Last Modified: 22 Oct 2024 03:09
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1288

Actions (login required)

View Item View Item