Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENDEKATAN CTL TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF BERDASARKAN MINAT BELAJAR SISWA SD NEGERI 96 PALEMBANG.

Ayu, Lestari (2024) PENGARUH PENDEKATAN CTL TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF BERDASARKAN MINAT BELAJAR SISWA SD NEGERI 96 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER DAN PENGESAHAN.pdf

Download (18kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO AYU.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I PDF.pdf

Download (405kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA AYU.pdf

Download (201kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pendekatan contextual teaching and learning terhadap kemampuan berfikir kreatif berdasarkan minat belajar siswa SD Negeri 96 Palembang. Metode pada penelitian ini yaitu quasi eksperiment , dan populasi pada penelitian ini seluruh kelas V . Sampel yang diambil adalah Va sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 15 orang dengan menggunakan pendekatan CTL dan Vb sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 15 orang dengan menggunakan pendekatan Konvensional SD Negeri 96 Palembang. Adapun teknik yang digunakan pada penelitian ini yaitu cluster random sampling. Sehingga diperoleh sampel kelas Va sebagai kelas eksperimen dan Vb sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada dua yaitu tes kemampuan berfikir kreatif dan non tes ( angket) minat belajar dan teknik analisis data yang digunakan yaituANOVA Dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh hasil yaitu : (1) Ada pengaruh pendekatan contextual teaching and learning terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa kelas V SD Negeri 96 palembang. (2) Ada perbedaan kemampuan berfikir kreatif berdasarkan minat belajar (tinggi, sedang, rendah) siswa kelas V SD Negeri 96 Palembang. (3) Tidak terdapat interaksi pendekatan contextual teaching and learning dan minat belajar terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa kelas V SD Negeri 96 Palembang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNila, KesumawatiNIDN0018086701
ContributorEndie, RiyokoNIDN0214058902
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 04:58
Last Modified: 19 Jul 2024 04:58
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/124

Actions (login required)

View Item View Item