Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOX CUACA PADA TEMA V KELAS III SD NEGERI 90 PALEMBANG

BIRIAN, YUDATAMA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOX CUACA PADA TEMA V KELAS III SD NEGERI 90 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (367kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (109kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari media pembelajaran box cuaca yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 90 Palembang. Validasi yang dikembangkan dilakukan oleh ahli media dan materi. Data pada penelitian ini diperoleh dari angket validasi, angket respon peserta didik, serta tes yang berupa latihan soal. Hasil validasi dari ketiga validator menilai kualitas media pembelajaran box cuaca secara keseluruhan memperoleh skor sebesar 85,6% dengan kategori sangat valid.,pada uji coba one to one memperoleh rata-rata 85,3% dan uji coba small group memperoleh rata-rata 90,2% dengan kategori sangat praktis, hasil tes latihan soal pada uji coba kelompok besar keseluruhan siswa memperoleh rata-rata 72,73 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran box cuaca telah memenuhi kriteria valid, praktis, efektif.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorAswadi, JayaNIDN0220128503
ContributorMega, PrasrihamniNIDN0226039101
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 16 Oct 2024 06:01
Last Modified: 16 Oct 2024 06:01
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item View Item