Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

LEARNING OBSTACLE PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN 02 CAMPANG TIGA ILIR

REZA, GUNAWAN (2023) LEARNING OBSTACLE PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG SISWA KELAS V SDN 02 CAMPANG TIGA ILIR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. Cover + Lembar Pengesahan.pdf

Download (854kB)
[img] Text
a, ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (106kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karna adanya hambatan belajar (Learning Obstacle) yang dialami siswa SD Negeri 02 Campang Tiga Ilir. Hambatan Belajar tersebut didapat dari hasil studi pendahuluan pada materi volume bangun ruang kubus dan balok. Jenis learning obstacle yang difokuskan pada materi ini adalah ontogenic obstacle, didactical obstacle, dan epistemologi obstacle. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dan instrumen berupa tes pada materi volume kubus dan balok, analisis materi, analisis bahan ajar, analisis rpp dan wawancara. Learning obstacle diperoleh dengan menganalisis learning obstacle yang dialami siswa dilihat dari 4 (empat) yaitu tes diagnostik learning obstacle, aspek analisis bahan ajar, analisis RPP, dan wawancara dengan guru kelas dan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Campang Tiga Ilir sebagai responden yang mengikuti tes diagnostik learning obstacle hasil penelitian menunjukkan ontogenic obstacle, didactical obstacle, dan epistemological obstacle. Jenis learning obstacle yang dialami siswa yaitu kurangnya pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal dasar materi dan kesulitan dalam menyelesaikan soal yang menjadi ontogenic obstacle, didactical obstacle, terkait perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru, dan epistemological obstacle yakni keterbatasan konteks pemahaman yang dimiliki siswa.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNyiayu Fahriza, FuadiahNIDN0010097501
ContributorNora, SurmilasariNIDN0204118901
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:48
Last Modified: 02 Oct 2024 03:48
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item View Item