Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 23 PALEMBANG

SUCI, RAHMASARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD NEGERI 23 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER + Lembar Pengeshan.pdf

Download (40kB)
[img] Text
ABSTRAK- Indonesia.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari model pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 23 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan bentuk penelitian quasi eksperimen design dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil analisis uji hipotesis diketahui bahwa berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji-t dan lembar observasi kreatifvitas siswa, diketahui bahwa pengaruh model pembelajaran mind mapping diperoleh uji hipotesis dengan uji-t (independent sample t-test) maka diperoleh bahwa nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,012. Karena nilai signifikan (probalitas) lebih kecil dari 0.025 maka H_o ditolak dan H_a diterima dan lembar observasi kreativitas siswa mencapai kategori kreatif sebanyak 24 siswa dengan persentase 80% . Jadi, penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 23 Palembang dan dalam penelitian ini menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran mind mapping terhadap kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 23 Palembang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorTreny, HeraNIDN0219019101
ContributorRury, RizhardiNIDN0227088801
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 04:35
Last Modified: 19 Jul 2024 04:35
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item