Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SEKOLAH DASAR

MERIYANA, GUSNIAR (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (66kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (104kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB)

Abstract

Pada penelitian ini terdapat beberapa permasalahan diantaranya salah satunya yaitu kurangnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas III sekolah dasar, dengan harapan dapat menambah pemahaman tentang pembelajaran tematik dengan materi pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Make A Match yang didukung oleh media kartu. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari sedikit banyaknya kemampuan yang dimiliki siswa dari pengalaman belajar yang diterimanya. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan desain Pre-Experimen Design, yaitu One-Group Pretest-Posttes Design. Subjek penelitian terdiri dari 1 kelas, yaitu kelas III B dengan total 16 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, tes serta dokumentasi dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji Paired Sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian yang di dapatkan oleh peneliti hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 8,174, melebihi nilai ttabel 1,753, dengan taraf signifikansi < 0,05 (0,000-0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima dengan demikian penelitian ini menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Make A Match terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas III sekolah dasar.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorFarhan, YadiNIDN0029057708
ContributorJuaidah, AgustinaNIDN0222088202
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 01 Oct 2024 06:54
Last Modified: 01 Oct 2024 06:54
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1123

Actions (login required)

View Item View Item