Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MODUL MATERI SUMBER ENERGI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN KELAS IV SD

Rattriana, Rattriana (2022) PENGEMBANGAN MODUL MATERI SUMBER ENERGI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN KELAS IV SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (49kB)
[img] Text
A. ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (99kB)
[img] Text
F. BAB I .pdf

Download (104kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal di SD 38 Palembang yang dilakukan oleh peneliti ditemukannya masalah, yaitu didalam menjelaskan materi guru hanya terpaku dalam buku paket atau buku siswa sehinga pemahaman siswa itu kurang terhadap pembelajaran materi IPA hal tersebut dapat dilihat dari rendahnya nilai siswa. Pembelajaran IPA ini sangat dibutuhkan oleh pemateri yang luas sehingga pemahaman siswa kurang terhadap pembelajaran materi IPA, hal tersebut dapat dilihat dari rendahnya nilai siswa. Maka dari itu solusi dari masalah tersebut peniliti ingin menggembangkan modul dalam pembelajaran IPA dengan model pembelajaran contekxtual teaching and learning (CTL). Metode penelitian ini menggunakan metode research and development dengan batas penelitian penilaian ahli dan praktikalitas. Penilaian ahli dilakukan pada ahli media, bahasa, dan materi, sedangkan praktikalitas dengan guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan persentase. Hasil dari dari tahapan pengembangan adalah menghasilkan produk modul IPA materi sumber energi berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi sumber energi kelas IV SD. Hasil penilaian para ahli menunjukkan bahwa modul IPA materi sumber energi berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan persentase sebesar 88,58%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul IPA materi sumber energi berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi sumber energi kelas IV SD termasuk dalam kategori sangat valid. Dari hasil praktisi yaitu guru dan siswa diperoleh persentase sebesar 97,39%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kepraktisan modul IPA materi sumber energi berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada pembelajaran kelas IV Sekolah Dasar termasuk dalam kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorKiki, AryaningrumNIDN0608018602
ContributorAli, FakhrudinNIDN0226079301
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 04:29
Last Modified: 19 Jul 2024 04:29
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item View Item