IRENA, AYUNINGTYAS (2023) LEARNING OBSTACLE PADA MATERI PERKALIAN DI KELAS IV SDN 19 MAKARTI JAYA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
D. Cover+Lembar pengesahan.pdf Download (240kB) |
|
Text
A. Abstrak Indonesia.pdf Download (106kB) |
|
Text
F. BAB 1.pdf Download (198kB) |
|
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (219kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan belajar (learning obstacle) pada materi perkalian yang dapat dilihat melalui 3 (tiga) aspek yaitu ontogenical obstacle, didactical obstacle dan epstimologi obstacle. Penelitian ini menggunakan metode kualitiatif dan instrument yang berupa tes, wawancara siswa dan guru kelas IV serta didukung dengan menganalisis RPP, analisis bahan ajar buku teks. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD 19 Makarti Jaya yang berjumlah 20 siswa dan 1 (satu) orang guru kelas. Hasil penelitian ini ditemukan learning obstacle yang dialami siswa yakni kurangnya motivasi dalam belajar, kurangnya kesiapan belajar siswa yang menjadi ontogenical obstacle dan kurangnya metode dan media pembelajaran yang bervariatif yang menjadi didactical obstacle serta kurangnya pemahaman konsep tentang perkalian merupakan pejumlahan yang berulang yang menjadi epstimology obstacle.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 01 Oct 2024 04:42 | |||||||||
Last Modified: | 01 Oct 2024 04:42 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1107 |
Actions (login required)
View Item |