Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

DAMPAK PROSES PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA SISWA DALAM KURIKULUM MERDEKA DISEKOLAH PENGGERAK SD NEGERI 162 PALEMBANG

Indah, Afrilia (2023) DAMPAK PROSES PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA SISWA DALAM KURIKULUM MERDEKA DISEKOLAH PENGGERAK SD NEGERI 162 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (111kB)
[img] Text
A. ABSTRAK-INDONESIA.pdf

Download (75kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang dampak proses pembelajaran yang berpusat pada siswa dalam kurikulum merdeka disekolah penggerak SD N 162 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif adalah penelitian yang bertujuan menjabarkan fenomena yang terjadi pada subjek penelitian secara mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara melakukan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil peneltian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat dampak positif dan dampak negatif yang dihasilkan dari proses pembelajaran yang berpusat pada siswa dalam kurikulum merdeka. Dampak positifnya adalah siswa lebih bersemangat dalam proses pembelajaran terutama pada pembelajaran project. Dampak negatifnya terletak diawal penerapan kurikulum merdeka siswa merasa bingung karena mereka dianjurkan untuk bisa belajar secara mandiri akan tetapi, guru memberikan penjelasan kepada siswa bahwa dalam kurikulum merdeka siswa diberi kebebasan serta keleluasaan dalam mengeluarkan pendapat. Hal tersebut bertujuan agar siswa dapat mengembangkan potensi yang mereka miliki serta mendorong rasa percaya diri dan keterampilan. Dampak negatif yang terakhir terletak pada salah satu pembelajaran kurikulum merdeka yaitu pembelajaran project.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSusanti Faipri, SelegiNIDN0209048401
ContributorFarizal, ImansyahNIDN0212028703
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 01 Oct 2024 04:41
Last Modified: 01 Oct 2024 04:41
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1105

Actions (login required)

View Item View Item