Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 88 PALEMBANG

Dila, Finayanti (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 88 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
D. COVER + LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text
A. Abstrak Indonesia Dila.pdf

Download (127kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Talking Stick terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 88 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 88 Palembang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V.3 dan V.4 dengan jumlah 50 siswa. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah porposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Analisis data menggunakan uji Independent sampel T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata posttest motivasi belajar kelas eksperimen 87,28 dan kelas kontrol 78,72, sedangkan rata-rata posttest hasil belajar kelas eksperimen 86 dan kelas kontrol 71,20. Hasil perhitungan uji-t motivasi belajar diperoleh t_hitung= 6,591 ≥ t_tabel= 1,678 dan hasil perhitungan hasil belajar diperoleh t_hitung= 4,714 ≥ t_tabel= 1,678 dengan taraf signifikan = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat didimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Talking Stick terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 88 Palembang.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLukman, HakimNIDN002208760
ContributorRurry, RizhardiNIDN0227088801
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:38
Last Modified: 30 Sep 2024 02:38
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item