Zulyana Tri, Santri (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI PECAHAN SEDERHANA UNTUK KELAS 3 SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
4. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (300kB) |
|
Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (112kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (343kB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
Abstract
Adapun latar belakang dari penelitian tersebut yaitu siswa sulit memahami materi ketika hanya terfokus pada fasilitator yaitu guru, dan buku panduan siswa kelas III SD Negeri 117 Palembang, dimana dalam kegiatan pembelajaran ini guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga peserta didik sulit memahami materi pembelajaran, dan poster atau gambar yang terdapat di dalam kelas hanya beberapa gambar, tidak dimuat secara jelas berdasarkan materi yang disampaikan, sehingga terdapat peserta didik yang belum memahami makna dari materi yang diberikan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang telah diteliti oleh peneliti, dalam pembelajaran ini peserta didik membutuhkan media pembelajaran dalam penerapan materi Pecahan Sederhana. Adapun juga tujuan dari pengembangan media pembelajaran menggunakan Articulate Storyline pada materi pecahan sederhana khususnya kelas III Sekolah Dasar dimana dalam media tersebut memuat materi pembelajaran. Adapun Model dalam penelitian ini yaitu menggunakan model pengembangan ADDIE, dimana terdapat 5 tahapan yaitu Analyze (Analisis) dimana menganalisis latar belakang, konsep dan juga sumber belajar, Design (Desain/Perencanaan) merupakan tahap merancang produk media pembelajaran, Development (Pengembangan) yaitu tahap pengembangan produk media pembelajaran melalui Validasi ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, Implementation (Penerapan) yakni penerapan media pembelajaran kepada peserta didik dimana juga diterapkan model pengeisian angket soal. Hasil penelitian dari hasil uji validasi ahli materi yaitu 89%, hasil uji validasi ahli Bahasa 90%, dan hasil uji validasi ahli media 89% maka berdasarkan hasil dari uji validasi tersebut layak/valid untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwasanya produk tersebut dapat digunakan dalam proses pembelajaran peserta didik kelas III Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 26 Sep 2024 07:30 | |||||||||
Last Modified: | 26 Sep 2024 07:30 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/613 |
Actions (login required)
View Item |