Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LAPBOOK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

TINAYA, VENTI NAFA (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LAPBOOK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (131kB)
[img] Text
ABSTRAK BAHASA INDO VENTI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I VENTI.pdf

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA VENTI.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran inovatif berupa media Lapbook pada mata pelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar yang memiliki tingkat kevalidan dan kepraktisan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan utama, yaitu: Analyze (analisis kebutuhan), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SD Negeri 30 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti meliputi observasi, penyebaran angket (kuesioner), serta dokumentasi aktivitas pembelajaran. Untuk menjamin kualitas produk, dilakukan proses validasi oleh tiga ahli, yakni: ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba penggunaan media pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Hasil validasi oleh para ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran Lapbook memperoleh presentase kevalidan sebesar 88%, yang termasuk dalam kategori sangat valid dan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sementara itu, uji kepraktisan yang dilakukan melalui beberapa tahapan uji coba menunjukkan hasil yang sangat menggembirakan. Pada uji coba one to one diperoleh presentase kepraktisan sebesar 95,3% dengan kategori sangat praktis. Pada uji coba kelompok kecil (small group) diperoleh persentase 89%, dan pada uji coba kelompok besar juga diperoleh persentase sebesar 89%, keduanya termasuk dalam kategori sangat praktis. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Lapbook yang dikembangkan dapat diterima dengan sangat baik oleh siswa, terlihat dari respon positif, antusiasme tinggi, dan rasa senang yang ditunjukkan peserta didik selama mengikuti pembelajaran. Dengan demikian, media Lapbook ini dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran Matematika khususnya pada materi Bangun Datar di kelas IV Sekolah Dasar. Kata kunci : Bangun Datar, Lapbook, Research and Development

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMARHAMAH, MARHAMAHUNSPECIFIED
ContributorAYU RACHMAWATI, PUJIUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 19
Date Deposited: 27 Aug 2025 02:23
Last Modified: 27 Aug 2025 02:23
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3580

Actions (login required)

View Item View Item