ANGGRAINI, RINI (2025) PENINGKATAN KECERDASAN SPIRITUAL PADA ANAK MELALUI KEGIATAN SHOLAT DHUHA DI TK CERDAS CERIA PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
![]() |
Text
cover skripsi.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (180kB) |
Abstract
Kecerdasan spiritual pada anak usia dini adalah pemahaman nilai-nilai agama pada anak,yang memiliki keterampilan dalam berdoa serta dapat mengelola kemampuannya dalam berpikir dan bertindak positif. Oleh karena itu banyak anak yang belum memiliki kecerdasan spiritual dalam keterampilan gerakan sholatnya maupun dalam berdoa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah peningkatan kecerdasan spiritual pada anak melalui kegiatan sholat dhuha. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode kuantitatif . hasil penelitian menunjukan ada peningkatan dari tindakan prasiklus, siklus I dan siklus II, dengan memiliki data pada tindakan prasiklus terhadap keterampilan sholat yaitu 6,3, dan keterampilan berdoa dengan nilai 7,8 artinya anak belum berkembang, sedangkan pada siklus I nilai keterampilan dalam gerakan sholat 14,1 dan 15,1 untuk keterampilan berdoa yang artinya anak berkembang sesuai harapan (BSH), pada siklus II nilai pada keterampilan gerakan sholat 19,5 dan 18,9 untuk keterampilan berdoa, artinya anak berkembang sangat baik (BSB). Kata Kunci : Kecerdasan spiritual, sholat dhuha, keterampilan gerakan sholat, keterampilan berdoa, anak TK.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 15 | |||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 02:49 | |||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2025 02:49 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3453 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |