Sari, Intan Permata (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI KARTUN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD NEGRI 25 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
COVER .pdf Download (24kB) |
![]() |
Text
abstrak indonesia.pdf Download (65kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (89kB) |
![]() |
Text
DAFUS.pdf Download (21kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah terkait dengan pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi “Menulis Karangan Narasi” kelas IV. Masalah tersebut akibat adanya beberapa faktor diantaranya guru hanya menggunakan buku LKS dan buku paket sebagai satu-satunya alat pembelajaran. Hal tersebut membuat siswa kurang tertarik dan mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil nilai menunjukan bahwa 49% peserta didik tidak mencapai nilai KKTP. Siswa membutuhkan media pembelajaran yang tepat dalam belajar. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan jenis penelitian quasi eksperimen design. Dalam Penelitian ini terdapat 2 variabel yaitu vaiabel "X Media Film Animasi" dan Variabel "Y Kemampuan Menulis Karangan Narasi"Penelitian ini diawali dengan proses validasi instrumen yang mana dari total 10 butir soal yang disusun, sebanyak 5 soal dipilih untuk diuji cobakan. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, seluruh soal dinyatakan valid dan memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi, serta termasuk dalam kategori soal yang baik. Setelah proses validasi selesai, 5 soal tersebut digunakan sebagai instrumen tes yang kemudian dibagikan kepada 56 siswa, yang terdiri dari kelas IV.A sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV. B sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media film animasi kartun memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa. Selain itu, penggunaan media film animasi kartun memberikan kesempatan bagi siswa untuk melihat bagaimana sebuah cerita dapat berkembang dengan struktur yang jelas. Pernyataan ini dapat dilihat dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan Sample test peneliti mendapatkan hasil yang menyatakan adanya peningkatan dengan nilai Sig. 0,001 karena kriteria untuk melihat adanya peningkatan yaitu jika nilai Sig yang diperoleh melebihi 0,05 maka tidak ada peningkatan tetapi jika nilai Sig dibawah 0,05 adanya peningkatan, maka kriteria dalam uji hipotesis yaitu nilai Sig. 0,05 maka Ha terima dan Ho ditolak. Dari pembahasan tersebut dapat diketahui adanya peningkatan kemampuan belajar siswa dengan menggunakan media video animasi yang itu berarti adanya pengaruh penggunaan media film animasi kartun terhadap kemampuan menulis karangan narasi kelas IV pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 25 Palembang. Kata Kunci: Media animasi kartun, kemampuan menulis karangan narasi
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 199 | |||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 02:02 | |||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2025 02:02 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3429 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |