Mariyati, Sri la (2025) MENINGKATKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE MATCH DI TK AL-HIKMAH 2 PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.
![]() |
Text
REPOSITORI SRI MARIYATI (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Make a Match dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di TK Al-Hikmah 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berusia 5–6 tahun, dengan jumlah 20 orang anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Make a Match, yang merupakan metode pembelajaran kooperatif dengan kegiatan mencocokkan kartu, mampu meningkatkan keterlibatan aktif anak dalam proses belajar, memperkuat daya ingat, serta membantu anak berpikir secara logis dan sistematis. Peningkatan terlihat dari hasil observasi pada setiap siklus, di mana terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenali simbol, memahami hubungan sebab- akibat, dan mengelompokkan objek berdasarkan kategori tertentu. Model ini juga menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kompetitif secara sehat, sehingga anak lebih termotivasi untuk belajar. Katakunci: Kognitif, Anak Usia Dini, Model Pembelajaran, MakeaMatch
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 19 | |||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 01:56 | |||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2025 01:56 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3415 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |