Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PENGAYAAN BERBASIS CERITA RAKYAT SUMATERA SELATAN "LEGENDA PULAU KEMARO" SEBAGAI MEDIA LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR

Amelia, Sindi (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PENGAYAAN BERBASIS CERITA RAKYAT SUMATERA SELATAN "LEGENDA PULAU KEMARO" SEBAGAI MEDIA LITERASI SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
Cover.pdf

Download (114kB)
[img] Text
ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (197kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (513kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (493kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pengayaan berbasis cerita rakyat Sumatera Selatan “Legenda Pulau Kemaro” sebagai media literasi bagi siswa sekolah dasar. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh rendahnya minat literasi siswa serta terbatasnya ketersediaan media bacaan kontekstual yang mengandung nilai budaya lokal. Penelitian menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) dari Thiagarajan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pengayaan yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas berdasarkan penilaian ahli dan uji coba kepada siswa kelas IV SD Negeri 137 Palembang. Media ini mampu meningkatkan minat baca siswa serta memperkenalkan nilai-nilai budaya lokal secara menarik dan kontekstual. Dengan demikian, media ini dapat dijadikan sebagai alternatif dalam upaya meningkatkan literasi siswa sekolah dasar melalui pendekatan berbasis kearifan lokal. Kata Kunci: Media Pengayaan, Cerita Rakyat, Literasi, Legenda Pulau Kemaro, Siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorAkbar, M. TaheriUNSPECIFIED
ContributorSelegi, Susanti FaipriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 199
Date Deposited: 07 Aug 2025 04:30
Last Modified: 07 Aug 2025 04:30
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3386

Actions (login required)

View Item View Item