Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL STAD BERBANTUAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SD NEGERI 66 PALEMBANG

TASYA, CINDY FATIKA (2025) PENGARUH MODEL STAD BERBANTUAN MEDIA RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SD NEGERI 66 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
JUDUL CINDY.pdf

Download (134kB)
[img] Text
ABSTRAK-INDONESIA (CINDY).pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB I (CINDY).pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (CINDY).pdf

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media roda putar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas II SD Negeri 66 Palembang. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya variasi dalam model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru, serta rendahnya minat dan keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental jenis one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 37 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes essay yang terdiri dari 5 butir soal untuk mengukur hasil belajar sebelum (pretest) dan sesudah (postest) penerapan model STAD berbantuan media roda putar. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar matematika siswa setelah penerapkan model STAD berbantuan media roda putar. Nilai rata-rata pretest sebesar 54,05 meningkat menjadi 82,43 pada posttest. Uji paired sample t-test menghasilkan nilai signifikan (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa penggunaan model STAD yang dipadukan dengan media roda putar memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Dengan demikian, model pembelajaran ini dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang menarik dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNINGSIH, YUNIKA LESTARIANIDN0011068201
ContributorGUNAWAN, HENDRINIDN0212128503
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 38
Date Deposited: 28 Jul 2025 04:35
Last Modified: 28 Jul 2025 04:35
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3347

Actions (login required)

View Item View Item