Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI KELAS XI DI SMA XAVERIUS 3 PALEMBANG

Widodo, Robat (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI KELAS XI DI SMA XAVERIUS 3 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (136kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (179kB)
[img] Text
3. Bab 1.pdf

Download (209kB)
[img] Text
4. Daftar Pustaka.pdf

Download (225kB)

Abstract

SMA Xaverius 3 berdasarkan data profil peserta didiknya memiliki perbedaan latar belakang sosial budaya, kemampuan, dan gaya belajar. Perlu adanya pendekatan berdiferensiasi yang memungkinkan setiap peserta didik belajar sesuai kemampuan dan gaya belajar, sehingga meningkatkan hasil belajar secara keseluruhan. Selain itu diketahui bahwa geografi merupakan salah satu mata pelajaran di SMA yang memerlukan pemahaman visual, konkrit, dan praktis agar lebih mudah dicerna oleh peserta didik. Berdasarkan studi pendahuluan, dibutuhkan media pembelajaran berbasis google sites yang dapat menjadi salah satu sulusi bagi peserta didik agar dapat memahami materi geografi secara lebih konkrit dan dapat belajar secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan dan potensi mereka. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berdiferensiasi berbasis google site yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) desain, dan (3) pengembangan dan implementasi. Untuk evaluasi produk, peneliti menggunakan evaluasi formatif Tessmer, dengan tahap-tahap, yaitu expert review, one to one, small group, dan fild test. Penelitian ini telah menghasilkan produk media pembelajaran berdiferensiasi pada mitigasi bencana gempa bumi yang valid, praktis, efektif melalui evaluasi expert review, one to one, small group, dan field test. Dengan menggunakan media pembelajaran berbasis google sites, peserta didik dapat belajar lebih efektif dan praktis sesuai dengan kebutuhan belajar mereka. Kata Kunci: Pengembangan, Media Google sites

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSiti, AsiyahUNSPECIFIED
ContributorBudi, UtomoUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Repo User 01
Date Deposited: 22 Jul 2025 06:23
Last Modified: 22 Jul 2025 06:23
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3332

Actions (login required)

View Item View Item