SELLA, AGNES DARAMIA (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LITERASI NUMERASI TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DI KELAS V SD NEGERI 19 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
cover.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA_AGNES.pdf Download (179kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (293kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (198kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas V SD Negeri 19 Palembang. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental jenis One Group Pretest-Posttest Design, tanpa kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes pretest dan posttest. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas dan homogenitas sebagai prasyarat, serta uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Hal ini menunjukkan bahwa model PBL efektif dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika. Temuan ini didukung oleh teori sebelumnya mengenai peran PBL dalam mengembangkan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Kata kunci: Problem Based Learning, soal cerita, kemampuan matematika, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 15 | |||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2025 06:43 | |||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2025 06:43 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3099 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |