Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 247 PALEMBANG

Wardah, Wardah (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 247 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER WARDAH.pdf

Download (101kB)
[img] Text
ABSTRAK WARDAH.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I WARDAH.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WARDAH.pdf

Download (227kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV SD Negeri 247 Palembang. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi “Aku dan Kebutuhanku” serta belum optimalnya strategi pembelajaran yang memperhatikan perbedaan individu. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan yang menyesuaikan proses, konten, dan produk pembelajaran berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelas: kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian berupa soal uraian pretest dan posttest yang telah divalidasi. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t (Independent Sample T-Test) dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen meningkat dari 40,67 menjadi 71,27, sedangkan di kelas kontrol meningkat dari 28,8 menjadi 55,00. Uji t menghasilkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara kedua kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi sebagai strategi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, hasil belajar, IPAS, kurikulum merdeka, siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHakim, LukmanNIDN0022087601
ContributorUtomo, BudiNIDN0201018106
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 19
Date Deposited: 15 Jul 2025 02:16
Last Modified: 15 Jul 2025 02:16
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/3018

Actions (login required)

View Item View Item