Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MEDIA FLIPBOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK SISWA KELAS III DI SDN 231 PALEMBANG

Oktariani, Ria Dwi (2025) PENGARUH MEDIA FLIPBOOK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI UNSUR INTRINSIK CERITA PENDEK SISWA KELAS III DI SDN 231 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
cover ria .pdf

Download (347kB)
[img] Text
abstrak ria .pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB I ria .pdf

Download (529kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ria.pdf

Download (483kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kegiatan terencana dalam proses penunjang pembelajaran yang bertujuan agar siswa dapat mengembangkan potensi diri. Dalam proses pembelajaran salah satu pembelajaran yang menjadi masalah siswa yaitu rendahnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia materi unsur intrinsik cerita pendek, karena pembelajaran yang dilakukan kurang bervariasi sehingga siswa cenderung bosan dan tidak tertarik terhadap pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media flipbook dan peningkatan terhadap hasil belajar bahasa Indonesia materi unsur intrinsik cerita pendek siswa kelas III di SD Negeri 231 Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode Quasy Experimental Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas III C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 siswa dan kelas III B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes awal sebelum perlakuan (pretest) dan setelah perlakuan (posttest) tes soal essay yang berisikan 10 butir soal. Penelitian ini memperoleh hasil uji t dengan signifikan 0.000 < 0.05 yang artinya H0 di tolak dan Ha diterima dan memperoleh hasil uji Ngain dengan nilai score 0, 7591 > 0,70 yang artinya ada peningkatan yang tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan pembelajaran menggunakan media flipbook berpengaruh signifikan dan meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi unsur intrinsik cerita pendek siswa kelas III di SD Negeri 231 Palembang. Dengan menggunakan media pembelajaran flipbook dapat memudahkan siswa dalam memahami materi serta menarik perhatian siswa untuk belajar lebih luas mengenai unsur intrinsik cerita pendek. Kata kunci : Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Media Pembelajaran Flipbook

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorIswana, BayuUNSPECIFIED
ContributorNurlela, NurlelaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 66
Date Deposited: 12 Jul 2025 06:23
Last Modified: 12 Jul 2025 06:23
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2974

Actions (login required)

View Item View Item