Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

STRATEGI SEKOLAH MENGATASI PRILAKU TIDAK DISIPLIN SISWA DI SD NEGERI 138 PALEMBANG

Alimin, Alimin (2025) STRATEGI SEKOLAH MENGATASI PRILAKU TIDAK DISIPLIN SISWA DI SD NEGERI 138 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
cover 1..pdf

Download (324kB)
[img] Text
Abstrak b indo.pdf

Download (390kB)
[img] Text
_Bab 1.pdf

Download (722kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (525kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi sekolah dalam mengatasi perilaku tidak disiplin siswa di SD Negeri 138 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan sekolah bersifat preventif dengan menekankan pada pembentukan karakter siswa melalui pendekatan pembelajaran yang melibatkan kegiatan berbasis proyek, kesepakatan kelas, serta penanaman nilai-nilai tanggung jawab, kerja sama, dan kemandirian. Keterlibatan orang tua turut menjadi faktor pendukung dalam membentuk kedisiplinan siswa. Namun, strategi ini menghadapi hambatan seperti keterbatasan pemahaman guru, kurangnya fasilitas pendukung, serta minimnya partisipasi orang tua. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi yang lebih erat antara pihak sekolah, guru, dan orang tua agar strategi pembentukan disiplin siswa dapat terlaksana secara optimal dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorIdris, MuhamadUNSPECIFIED
ContributorPuspita Sari Jaya, MelindaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Sekolah, Disiplin Siswa, Pembentukan Karakter, Pendekatan Preventif, Keterlibatan Orang Tua.
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 01
Date Deposited: 12 Jul 2025 05:02
Last Modified: 12 Jul 2025 05:02
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2964

Actions (login required)

View Item View Item