Anjeli, Anjeli (2025) Pengaruh Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas III di SD Negeri 07 Rantau Panjang Kabupaten Ogan ilir. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
![]() |
Text
cover repo.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
Abstrak b.indo.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
bab 1 repo.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
dapus repo.pdf Download (310kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi pembelajaran berbasis teknologi terhadap motivasi belajar siswa kelas III sekolah dasar. Inovasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah penggunaan media video pembelajaran audiovisual dalam proses belajar mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di salah satu SD N 07 Rantau Panjang, dengan jumlah sampel sebanyak 27 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar dan angket pretest-posttest. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada motivasi belajar siswa setelah penerapan video pembelajaran audiovisual. Hal ini dibuktikan dengan perbedaan rata-rata skor pretest dan posttest yang menunjukkan peningkatan motivasi belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa inovasi pembelajaran berbasis teknologi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas III SD. Kata Kunci: inovasi pembelajaran, teknologi, video pembelajaran, motivasi belajar, siswa SD
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Repo User 07 | |||||||||
Date Deposited: | 12 Jul 2025 04:56 | |||||||||
Last Modified: | 12 Jul 2025 04:56 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2958 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |