Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS MASALAH PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI KELAS IV SD NEGERI 196 PALEMBANG

Lestari, Melati Indah (2025) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA BERBASIS MASALAH PADA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI KELAS IV SD NEGERI 196 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
COVER MELATI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
ABSTRAK MELATI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
BAB 1 MELATI.pdf

Download (313kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MELATI.pdf

Download (309kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan siswa yang mengalami kesulitan belajar dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar matematika yang di alami siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal berbasis masalah terkhusus pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 196 Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes soal dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan yang dialami siswa kelas IV dalam menyelesaikan soal matematika berbasis masalah pada materi operasi hitung perkalian dan pembagian dilihat berdasarkan indikator kesalahan konsep (IKK), Indikator kesalahan prinsip (IKP) dan Indikator kesalahan Operasi (IKO). Dari hasil analisis yang ditemukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan perserta didik dalam menyelesaikan soal perkalian dan pembagian Rata-rata IKK 48,5% dengan katagori sedang, Rata-rata IKP 51,5% dengan katagori sedang dan Rata-rata IKO 61,1% dengan katagori Tinggi. Berdasarkan analisa data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa tingkat kesulitan belajar dilihat dari kesalahan yang ditemukan pada penyelesaian soal perkalian dan pembagian dengan tingkat kesalahan sedang pada indikator kesalahan Konsep dan Prosedur sedangkan tingkat kesalahan tinggi pada indikator kesalahan Operasi. Kata kunci : Kesulitan Belajar,Matematika, Perkalian dan Pembagian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLusiana, LusianaUNSPECIFIED
ContributorSri, WahyuningsihUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 18
Date Deposited: 11 Jul 2025 03:28
Last Modified: 11 Jul 2025 03:28
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2913

Actions (login required)

View Item View Item