Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 230 PALEMBANG

Sari, Dona Maya (2025) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 230 PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Pgri Palembang.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (63kB)
[img] Text
abstrak bahasa indonesia dona.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB 1 dona.pdf

Download (107kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dona.pdf

Download (166kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas IV di SD Negeri 230 Palembang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang diterapkan ialah True Experimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas IV yang berbeda tahun ajaran, yaitu tahun 2020/2021 dan 2024/2025, masing-masing berjumlah 28 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah lingkungan belajar, sementara variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPAS. Data hasil belajar diperoleh dari nilai rapor semester satu, sedangkan data persepsi siswa terhadap lingkungan belajar diperoleh melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata rapor siswa kelas IV tahun ajaran 2020/2021 adalah 81,29 yang termasuk kategori “Baik”, sedangkan nilai rata-rata siswa tahun ajaran 2024/2025 adalah 89,68 yang tergolong “Sangat Baik”. Selain itu, hasil angket menunjukkan bahwa 81,67% siswa tahun ajaran 2024/2025 menilai lingkungan belajar yang mereka alami sebagai “Sangat Menarik”. Temuan ini mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan seiring dengan perbaikan lingkungan belajar. Mayoritas siswa menunjukkan adaptasi positif dan kepuasan tinggi terhadap lingkungan belajar yang diberikan. Oleh karena itu, disarankan kepada guru dan pihak sekolah untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, menarik, dan sesuai dengan kebutuhan siswa guna meningkatkan kualitas pembelajaran serta hasil belajar mereka secara optimal. Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorYulaini, ErmaUNSPECIFIED
ContributorUtomo, BudiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Repo User 40
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:31
Last Modified: 03 Jul 2025 07:31
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2732

Actions (login required)

View Item View Item