Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA INOVATIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MATERI MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN KELAS V SD NEGERI 4 SELAT PENUGUAN

Sonia, Agustina (2024) PENGEMBANGAN MEDIA INOVATIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MATERI MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN KELAS V SD NEGERI 4 SELAT PENUGUAN. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
3. COVER + PENGESAHAN.pdf

Download (56kB)
[img] Text
1. ABSTRAK INDO.pdf

Download (295kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (409kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengembangkan media inovatif berupa poster guna mengetahui kevalidan, kepraktisan dan efek potensial dari media poster yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari Analysze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian dari pengembangan media poster melalui validasi ahli dan uji coba One to One dinyatakan layak untuk digunakan dan diterapkan pada proses pembelajaran. Hal ini berdasarkan penilaian validator dengan persentase rata – rata sebesar 90,7% dan uji coba One to One dengan persentase rata – rata sebesar 91,3% dengan kriteria “sangat valid” Berdasarkan nilai yang diberikan oleh validator, maka media poster dapat dinyatakan valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Untuk mengetahui kepraktisan dan kemudahan siswa dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media dapat dilihat melalui respon siswa pada uji coba kelompok kecil (Small Group) memperoleh persentase rata – rata sebesar 94,7% dan respon guru memperoleh persentase rata – rata sebesar 94% dengan kriteria “sangat praktis”. Berdasarkan respon siswa dan guru maka media poster dapat dinyatakan memiliki kepraktisan. Untuk melihat efektifitas dari produk yang dikembangkan dilihat dari hasil tes siswa mendapat peningkatan setelah menggunakan media poster dalam pembelajaran. Hal ini berdasarkan pre test sebesar 69% dan nilai post test sebesar 93% dengan kriteria “sangat efektif”.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSukardi, SukardiNIDN0001076301
ContributorMega Kusuma, PutriNIDN0206108803
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 19 Jul 2024 08:52
Last Modified: 19 Jul 2024 08:52
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

View Item View Item