Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

Pengaruh Model Pembelajran Kooperatif Tipe STAD terhadap Kemampuan Passing Bawah Bolavoli Kelas VI SD Negeri 5 Air Salek

ANWAR, KHOIRUL (2025) Pengaruh Model Pembelajran Kooperatif Tipe STAD terhadap Kemampuan Passing Bawah Bolavoli Kelas VI SD Negeri 5 Air Salek. tesis thesis, UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG.

[img] Text
C. COVER + PENGESAHAN.pdf

Download (710kB)
[img] Text
A. ABSTRAK INDONESIA.docx

Download (17kB)
[img] Text
F. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli pada siswa SDN 5 Air Salek. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu eksperiment. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI SDN 05 Air Salek terdiri dari kelas VI A dan VI B. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sample menggunakan teknik total sampling. Adapun dalam penelitian ini sample yang diambil adalah kelas VI A dan VI B yang berjumlah masing-masing 30 orang siswa. Yang nantinya akan dijadikan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil belajar siswa yang terdiri dari penilaian afektif, kognitif dan psikomotorik. Adapun hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Koopereatif tipe STAD dengan hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kelas VI SDN 05 Air Salek yaitu sebesar 0,0000000. Dimana hasil tersebut lebih kecil dari 0,05. Metode Pembelajaran Koopereatif tipe STAD memiliki pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan metode pembelajaran kovensional, dimana rata-rata hasil metode Koopereatif tipe STAD yaitu 90,92 sedangkan metode konvensional yaitu 71,61. Sehingga terdapat selisih yaitu 19,31. Hasil passing bawah bola voli siswa kelas VI SD Negeri 5 Air Salek menggunakan metode pembelajaran STAD yaitu persentase nilai cukup sebanyak 10 %, Baik 30% dan Amat Baik 60%. Hasil ini mengalami peningkatan dimana sebelumnya hasil belajar passing bawah bola voli sebelum diberikan treatment metode pembeljaran STAD yaitu persentase nilai Kurang sebanyak 63,33 % dan Sangat Kurang 36,67 %. Kata Kunci : Pembelajaran Koopereatif tipe STAD, Passing Bawah, Bolavoli

Item Type: Thesis (tesis)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
CollaboratorRAHMAN, ANDIUNSPECIFIED
CollaboratorRISMA PUTRI, SITI AYUUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Jasmani
Depositing User: Feri Hidayat
Date Deposited: 28 Apr 2025 06:53
Last Modified: 28 Apr 2025 06:53
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/2109

Actions (login required)

View Item View Item