STIASIH, ESTI (2024) STRATEGI MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SISWA PAUD KELOMPOK BERMAIN YOGATAMA. tesis thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. Cover dan Pengesahan.pdf Download (73kB) |
|
Text
a. abstrak indo.doc Download (45kB) |
|
Text
f. BAB 1.pdf Download (311kB) |
|
Text
K. Daftar Pustaka.pdf Download (201kB) |
Abstract
Masih ada keraguan pada guru untuk menerapkan kurikulum merdeka belajar, beberapa penyebabnya, antara lain: (1) Guru-guru belum secara tuntas memahami kurikulum merdeka; (2) Semangat keingintahuan para guru terhadap kurikulum merdeka masih rendah, sehingga pelatihan-pelatihan tentang kurikulum merdeka melalui online sering diabaikan begitu saja; dan (3) Pelatihan secara tatap muka yang diharapkan para guru masih sangat minim; (4) Anggapan bahwa implementasi kurikulum merdeka harus dengan fasilitas yang lengkap. Namun ternyata masalah utamanya adalah rendahnya kemampuan guru dalam penguasaan teknologi informasi. Dari enam (6) personil baik guru dan kepala lembaga PAUD Kelompok Bermain Yogatama, hanya dua (2) orang yang mampu mengoperasikan laptop dan mengakses informasi melalui media online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi menerapkan kurikulum merdeka belajar pada siswa PAUD Kelompok Bermain Yogatama, telah disusun dengan baik dan sudah sesuai dengan harapan semua pihak, meskipun dalam penerapan prinsip kurikulum merdeka belajar baru pada tahap awal, yaitu tahap mandiri belajar yang perangkat pembelajarannya masih menggunakan kurikulum 13 atau kurikulum darurat. Kata Kunci: Strategi, Kurikulum Merdeka, Merdeka Belajar.
Item Type: | Thesis (tesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Program Pascasarjana > Magister Manajemen Pendidikan | |||||||||
Depositing User: | Selvi Puspitasari | |||||||||
Date Deposited: | 11 Dec 2024 02:55 | |||||||||
Last Modified: | 11 Dec 2024 02:55 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1801 |
Actions (login required)
View Item |