Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA PRESENTASI MATERI ORGAN MANUSIA UNTUK KELAS IV

Tri, Suwito (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA PRESENTASI MATERI ORGAN MANUSIA UNTUK KELAS IV. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (306kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (113kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (678kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran canva presentasi materi organ manusia untuk kelas IV yang valid, praktis dan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran canva presentasi yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil wawancara didapatkan bahwa peserta didik tidak dapat memahami materi secara mandiri harus dengan penjelasan dari pendidik yang secara berulang-ulang, dan pendidik menyatakan bahwa hasil belajar peserta didik masih rendah, sehingga perlu dikembangkannya bahan ajar untuk mendukung proses pembelajaran yaitu media pembelajaran canva presentasi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan, mengacu pada Pengembangan ADDIE dengan Lima tahapan yaitu (1)(Analysis), yang berkaitan dengan kegiatan analisis terhadap situasi kerja dan lingkungan sehingga dapat ditemukan produk apa yang memang perlu dikembangkan. (2)(Design), adalah kegiatan perancangan produk yang sesuai dengan yang dibutuhkan.(3)(Development), merupakan kegiatan pembuatan dan pengujian produk.(4) (Implementation), merupakan kegiatan menggunakan produk(5) (Evaluation), merupakan kegiatan menilai apakah di setiap langkah kegiatan . Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IV SD. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen penilaian validasi media pembelajaran canva presentasi, instrumen penilaian kepraktisan (guru), instrumen penilaian kepraktisan (peserta didik), dan data hasil tes soal peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran canva presentasi yang dikembangkan mendapatkan presentasi 86,13% dengan kategori ’’sangat valid’’. Hasil penilaian kepraktisan (guru) mendapatkan 84,66% dengan kategori ’’sangat praktis’’. Hasil uji skala kecil mendapatkan presentasi 83,23%, uji skala besar mendapatkan presentase 85,03% dengan kategori ’’sangat praktis’’. Hasil tes soal peserta didik mendapatkan presentase 82,6% dengan kategori ’’sangat efektif’’. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran canva prsentasi materi organ manusia untuk kelas IV SD termasuk ke dalam media pembelajaran canva presentasi yang valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorNyiayu Fahriza, FuadiahNIDN0010097501
ContributorDavid Budi, IrawanNIDN0216048904
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 30 Nov 2024 03:42
Last Modified: 30 Nov 2024 03:42
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1694

Actions (login required)

View Item View Item