Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN AFEKTIF ANAK KELAS IV SDN 22 PALEMBANG

Vebyola, Vebyola (2021) ANALISIS HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN AFEKTIF ANAK KELAS IV SDN 22 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (414kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI-Indonesia.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (123kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (38kB)

Abstract

Pola asuh adalah cara mendidik yang dilakukan orang tua terhadap anak agar dapat terbentuknya sikap dan perilaku sehingga dapat diterima dan menyesuaikan diri di lingkungan masyarakat. Ada 3 bentuk pola asuh yng umunya dipakai yaitu pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif. Afektif berkenaan dengan sikap dan perasaaan, dimana meliputi minat, sikap, perilaku, emosi, dan keadaan mental. Tujuan dalam penelitian ini adalah menganalisis adakah hubungan dan bentuk hubungan yang seperti apa antara pola asuh orang tua terhadap perkembangan afektif anak pada kelas IV di SDN 22 Palembang. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan studi korelasional. Sampel yang diambil kelas IV sebanyak 37 responden siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi rank spearman dan uji-t dengan ɑ 0,334. Hasil perhitungan dalam uji korelasi rank spearman diketahui ρ = 0,0162103 dan hasil uji-t = 35,0092 > ɑ 0,334 ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap perkembangan afektif anak serta hasil analisis menunjukkan hubungan yang iteraktif (saling mempengaruhi) bersifat positif antara pola asuh orang tua dengan perkembangan afektif anak kelas IV SDN 22 Palembang, dan hasil dari angket/quisioner didapat sebanyak 29 dari 37 responden menerapkan pola asuh permisif sedangkan 6 responden lain menerapkan pola asuh demokratis dan 2 responden dengan pola asuh. Anak dengan orang tua otoriter cenderung menutup diri dan terlihat tidak bahagia, anak dengan orang tua demokratis memiliki tanggung jawab dan mandiri, sedangkan anak dengan orang tua permisif memiliki sikap manja dan egois.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorFarizal, ImansyahUNSPECIFIED
ContributorAli, FakhrudinUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 12 Nov 2024 04:00
Last Modified: 12 Nov 2024 04:00
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1603

Actions (login required)

View Item View Item