Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA PAPERCRAFT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA TRIDHARMA PALEMBANG

Sari, Risma (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA PAPERCRAFT TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA TRIDHARMA PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
SKRIPSI RISMA SARIx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh Media Diorama Papercraft terhadap kemampuan menulias cerpen siswa kelas X SMA Tridharma Palembang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan media Diorama Papercraft terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Tridharma Palembang. Adapun manfaat penelitian ini yaitu, bagi pengajaran dan sastra, bagi guru, bagi siswa serta bagi peneliti lain. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.3 SMA Tridharma Palembang yang berjumlah 34 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan teknik dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan uji t. Hasil penelitian dan analisis pengaruh media Diorama Papercraft terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Tridharma Palembang, diperoleh simpulan ada pengaruh yang signifikan media Diorama Papercraft terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Tridharma Palembang. Hal ini ditunjukkaan setelah dilakukan pengujian mean tes awal dan tes akhir dengan harga thitung lebih besar dari pada ttabel, yaitu 6,36>1,70. Hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan bukti media Diorama Papercraft lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Tridharma Palembang. Hal ini juga dibuktikan oleh perbedaan nilai rata-rata tes awal dan nilai rata-rata tes akhir yaitu sebesar 78,26 – 62,79 = 15,74. Hasil analisis data tes awal (pre-test) menulis cerpen terdapat 23 orang siswa atau 67,6% yang hasil belajarnya dikategorikan tidak tuntas atau kurang dari KKM, selanjutnya hasil belajar yang dikategorikan tuntas terdapat 11 orang siswa atau 32,2%. Untuk hasil analisis data tes akhir (post-test) terdapat 34 orang siswa atau 100% yang dikategorikan tuntas. Dari jumlah tersebut terdapat 30 orang siswa atau 88,2% yang nilainya melebihi KKM dan untuk siswa yang nilainya sesuai dengan KKM terdapat 4 orang siswa atau 11,8%. Kata kunci: Media Diorama Papercraft, cerpen.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorWardiah, DessyUNSPECIFIED
ContributorNuzulia, DianUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 07 Nov 2024 07:19
Last Modified: 07 Nov 2024 07:19
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1551

Actions (login required)

View Item View Item