Ella Dian, Permata (2024) FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT BELAJAR MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 DI SDN 32 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
4. COVER+LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (176kB) |
|
Text
1. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (79kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (234kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat belajar membaca permulaan pada siswa kelas I SDN 32 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara guru, wawancara siswa, angket orang tua, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan faktor-faktor yang menjadi penghambat belajar membaca permulaan pada siswa kelas I di SD Negeri 32 Palembang adalah faktor Internal (dalam diri siswa) dan eksternal (luar diri siswa). 1) Faktor Internal meliputi kurangnya motivasi siswa dalam membaca, siswa malas untuk belajar membaca, kurangnya minat siswa untuk membaca, tidak adanya perhatian siswa saat belajar, daya ingat siswa yang kurang sehingga siswa sulit untuk mengingat huruf, dan siswa tidak bersekolah di Taman Kanak-Kanak (TK). 2) Faktor Eksternal yaitu faktor yang berasal dari lingkungan keluarga meliputi orang tua kurang memberikan perhatian kepada anaknya, kurangnya komunikasi dan interaksi antara orang tua dengan siswa, kurangnya bimbingan orang tua terhadap siswa, dan orang tua kurang memenuhi fasilitas belajar di rumah.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 05:09 | |||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 05:09 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/147 |
Actions (login required)
View Item |