Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 05 PALEMBANG DALAM PEMBELAJARAN IPS

Serli, Meranti (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL SISWA KELAS V SD NEGERI 05 PALEMBANG DALAM PEMBELAJARAN IPS. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan (2).pdf

Download (297kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (97kB)
[img] Text
f. BAB I (3).pdf

Download (370kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA (4).pdf

Download (153kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan berpikir spasial siswa mata pelajaran IPS materi peta. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir spasial IPS pada materi “Peta” siswa kelas V SD Negeri 05 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, Penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kemampuan berpikir spasial pada materi peta dengan rata-rata sebesar 87,75 % menunjukkan 19 atau 95% siswa dalam kategori sangat baik dan 1 atau 5% siswa kategori baik. Hasil analisis indikator menujukkan bahwa indikator Spatial Orientation merupakan indikator dengan persentase Tertinggi 85 %, dan Mental Rotation dengan persentase Sedang yaitu 65 %.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMurjainah, MurjainahNIDN0212126801
ContributorA., HeryantoNIDN0219038601
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 07 Oct 2024 02:27
Last Modified: 07 Oct 2024 02:27
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1170

Actions (login required)

View Item View Item