Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH ALAT PERAGA TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 11 TANJUNG BATU

Rani, Pertiwi (2023) PENGARUH ALAT PERAGA TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 11 TANJUNG BATU. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
Cover dan Lembar Pengesahan.pdf

Download (236kB)
[img] Text
Abstrak-indo.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstract

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sangatlah diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu IPA diajarkan sejak anak usia sekolah dasar. Namun dalam hal ini banyak siswa yang kurang memahami materi pembelajaran IPA khususnya pada pembelajaran sistem tata surya. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, antara lain media dan metode pembelajaran yang monoton. Alat peraga adalah alat yang digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru atau pengajar. Dimana penggunaannya dapat engongkritkan pemahaman siswa yang masih abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 11 Tanjung Batu. Metode penelitian yang digunakan dalam adalah metode penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 23 responden. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui uji instrumen tes dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan alat peraga terbukti sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa IPA kelas V SDN 11 Tanjung Batu. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pretest 57,6 yang artinya belum tuntas dan nilai-nilai rata-rata posttest 75,7 yang artinya tuntas. Kemudian berdasarkan uji hipotesis diketahui thitung = 5,070 lebih besar dari ttabel = 1,71714. Dengan demikian dapat dinyatakan hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Pengujian hipotesis membuktikan bahwa penerapan alat peraga berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN 11 Tanjung Batu.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSusanti Faipri, SelegiNIDN0209048401
ContributorIlham Arvan, JunaidiNIDN0203088902
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:38
Last Modified: 02 Oct 2024 02:38
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item View Item