Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS PENERAPAN SIMBOL-SIMBOL PANCASILA DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS III SD NEGERI 90 PALEMBANG

Muhammad Tatang, Budiman (2023) ANALISIS PENERAPAN SIMBOL-SIMBOL PANCASILA DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS III SD NEGERI 90 PALEMBANG. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER-LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (275kB)
[img] Text
a. abstrak indonesia.pdf

Download (79kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis dan mendeskripsikan penerapan simbol-simbol Pancasila dalam pendidikan kewarganegaraan kelas III SD Negeri 90 Palembang. Objek penelitian ini adalah menganalisis penerapan simbol-simbol Pancasila pada siswa dengan Informannya yaitu guru kelas III dan siswa kelas III. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil analisis observasi, wawancara, dan angket, Guru dalam wawancara mengatakan faktor-faktor yang mendorong dalam menerapkan simbol-simbol Pancasila kepada peserta didik yaitu pembinaan moral di lingkungan sekolah dan masyarakatnya. Dengan pembinaan moral inilah yang menjadi salah satu bentuk dari upaya yang dilakukan agar penerapaan simbol-simbol Pancasila mendapat hasil yang maksimal, guru mengatakan bahwa upaya yang dilakukan adalah dengan menanamkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai dari simbol pancasila dengan metode ceramah untuk mempermudah siswa memahami. upaya lainnya yang guru terapkan dalam simbol-simbol Pancasila dalam pendidikan kewarganegaraan yaitu dilakukan dalam beberapa tahap: tahap satu tahap perencanaan dimana guru mempersiapkan RPP, silabus, dan bahan ajar terlebih dahulu, kemudian yang kedua adalah tahap pelaksanaan pembelajaran guru menerapkan simbol-simbol Pancasila dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan memberikan contoh dan penerapan seperti berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, membantu dan menolong sesama teman, saling menghormati antar sesama tanpa membedakan suku dan agama, peserta didik berani mengungkapkan pendapat dan menghargai pendapat orang lain, dan peserta didik bersikap adil dan saling menghargai antar sesama.

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorRamanata, DisuryaNIDN0225126601
ContributorTanzimah, TanzimahNIDN0221107504
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 01 Oct 2024 06:55
Last Modified: 01 Oct 2024 06:55
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item View Item