Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE KUIS TIM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATAPELAJARAN GEOGERAFI DI SMA SRIGUNA PALEMBANG TAHUN AJARAN 2015/2016.

ITA AFRIYANTI, IA (2016) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE KUIS TIM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATAPELAJARAN GEOGERAFI DI SMA SRIGUNA PALEMBANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Diploma thesis, Universitas PGRI Palembang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah penelitian ini adalah hendaknya guru menerapkan berbagai model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan merespon pada saat pembelajaran Geografi berlangsung, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran tim kuis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran aktif tipe kuis tim terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Geografi di SMA sriguna Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Sriguna Palembang yang berjumlah 123 siswa terdiri 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dua kelas yaitu kelas X.1 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perilaku pembelajaran aktif tipe kuis tim dan keLAS X.3 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran dengan metode ceramah. Yang diambil menggunakan teknik Random Samplin. Uji hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji t. Hasil analisis diperoleh rata-rata hasil belajar hasil belajar kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan metode aktif tipe kuis tim yaitu sebesar 81,3 termasuk katogori sangat baik. Sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah yaitu sebesar 73,8 termasuk katogori cukup. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung 18,69 dan ttabel dengan taraf 5% dan dk=80 diperoleh ttabel =1,67 dengan demikian ttabel > thitung Maka Ha yang mengatakan ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran aktif tipe kuis tim terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Geogarfi di SMA Sriguna Palembang tahun ajaran 2015/2016 di terima dan Ho yang mengatakan tidak ada pengaruh penggunaan metode pembelajaran aktif tipe kuis tim terhadap hasil belajar siswa kelas X Mata Pelajaran Geografi di SMA Sriguna Palembang Tahun tahun pelajaran 2015/2016 di tolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Prodi Geografi
Date Deposited: 15 Dec 2022 08:19
Last Modified: 15 Dec 2022 08:24
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/11

Actions (login required)

View Item View Item