Muhammad, Ilham (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI PADA PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA PANTUN KELAS 5 SD. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf Download (54kB) |
|
Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf Download (87kB) |
|
Text
f. BAB I.pdf Download (137kB) |
|
Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
Abstract
Dalam melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan monopoli pada pembelajaran apresiasi sastra pantun di kelas 5 SD yang valid, praktis dan efektif. Peneliti menggunakan metode penelitian yaitu Research and Development (RnD), serta menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development Implementation dan Evaluation). Sehingga hasil penelitian kevalidan yang diperoleh dengan skor rata-rata ahli media 92% dengan kategori “sangat valid”, dan skor rata-rata ahli materi sebesar 76% dengan katergori “sangat valid”. Hasil penelitian kepraktisan produk yang dilakukan pada one to one (3 peserta didik), Small Group (12 peserta didik), dan Kelompok Besar (33 peserta didik). Ketiga tahapan kepraktisan mendapatan skor rata-rata yang diperoleh yaitu 87,76% dengan kategori “sangat praktis”. Selanjutnya dengan hasil uji keefektifan produk yang dilakkan 33 peserta didik kelas 5 mendapatkan skor rata-rata 72,72% dengan kategori “efektif”. Dapat disimpulkan bahwa media permainan monopoli pada pembelajaran apresiasi sastra pantun di kelas 5 ini valid, praktis dan efektif untuk digunakan dan dikembangkan pada saat kegiatan belajar mengajar di kelas pada peserta didik kelas 5 SDN 5 Mendo Barat.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 04:26 | |||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 04:26 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/108 |
Actions (login required)
View Item |