Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA CERITA PENDEK SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TALANG UBI

CITRA, LESTARI (2024) ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA PADA CERITA PENDEK SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TALANG UBI. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (266kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.pdf

Download (70kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (218kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia pada Cerita Pendek Siswa Kelas V SD Negeri 2 Talang Ubi . Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 2 Talang Ubi yang sudah diterapkan kurikulum K13. Metode pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian terdapat kesalahan berbahasa pada siswa bahwa banyak mengalami kesalahan berbahasa seperti kesalahan pada penggunaan bahasa yang baik. Hal tersebut dapat terlihat dari hasil penelitian yang menemukan bahwa siswa yang termasuk kategori penulisan siswa yang dibagi kedalam tingkat kategori penilaian kurang, cukup, baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil data yang telah ditemukan, dapat diketahui bahwa siswa mengalami kesalahan ejaan, hal tersebut dapat terlihat dari hasil menulis siswa dalam kesalahan ejaan seperti pemakaian huruf (huruf vokal dan huruf konsonan), pemakaian huruf kapital dan huruf miring, penulisan kata (kata turunan, bentuk ulang, gabungan kata, kata depan, kata ganti, partikel, singkatan akronim, dan lambang bilangan), penulisan unsur serapan, dan pemakaian tanda baca. pada bagian faktor penyebab yaitu faktor penyebab rendahnya kempuan menggunakan bahasa Indonesia siswa disebabkan oleh 2 ( dua ) faktor yaitu pertama faktor internal yang meliputi Kurangnya minat baca siswa,Kurangnya kesadaran pentingnya kemampuan membaca dan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kedua faktor eksternal yaitu meliputi lingkungan keluarga,lingkungan bermain,lingkungan masyarakat. Selanjutnya upaya yang dilakukam oleh guru terdapat beberapa upaya yang dilakukan dalam mengatasi rendahnya kemampuan menggunakan bahasa Indonesia siswa di kelas lV yaitu dengan cara: Pertama menampilkan bacaan yang variatif, perbanyak gambar agar siswa semangat untuk membaca, membiasakan mereka untuk selalu membaca 5 menit sebelum proses pembelajaran mulai dan pada saat istirahat selalu membiasakan mereka untuk membiasakan membacaAgar penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar tertanam pada diri siswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorMagdad, HatimNIDN0016076201
ContributorIda, SuryaniNIDN0223076601
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:34
Last Modified: 30 Sep 2024 02:34
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1079

Actions (login required)

View Item View Item