Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BILIK ILMU (BIMU) LOCAL WISDOM PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

BELLA, SAFIRA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BILIK ILMU (BIMU) LOCAL WISDOM PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
cover +pengesahan.pdf

Download (533kB)
[img] Text
Abstrak b.indo.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (498kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)

Abstract

Penelitian pengembangan media bilik ilmu (BiMu) local wisdom Lubuk Linggaubertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran IPAS sekolah dasar yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Davelopment). Model pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Sugiono yang memiliki lima tahapan yaitu tahap Analisis, tahap Desain, tahap Pengembangan, tahap Implementasi, dan tahap Evaluasi. Penggumpulan data menggunakan lembar angket validasi dan lembar angket respon peserta didik.Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kevalidan yang mengunakan angket validasi memperoleh aspek materi 85,7%,aspek media 90% dan aspek guru 76,6 dengan rata rata keseluruhan skor 84,1% dengan kategori sangat valid, dan angket respon peserta didik kelompok kecil 79,9%, kelompok besar 80,4% dengan rata rata skor 80,15% dengan kategori praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media bilik ilmu (BiMu) ini sangat layak untuk diuji coba atau digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHetilaniar, HetilaniarNIDN0213128103
ContributorKiki, AryaningrumNIDN0608018602
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Ferdi Ferdi
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:02
Last Modified: 30 Sep 2024 02:02
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/1073

Actions (login required)

View Item View Item