YULIA, LESTARI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V DI SEKOLAH DASA. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.
Text
cover+lembar pengesahan yulia lestari.pdf Download (239kB) |
|
Text
ABSTRAK ( INDONESIA).pdf Download (123kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (250kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda kelas V di sekolah dasar, harapan peneliti agar dapat menambah pemahaman tentang pembelajaran IPA melalui model discovvery learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan pendekatan kuantitaif. Penelitian ini menggunkan desain metode Quasi Exsperimental dengan jenis pretest-postest control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V.A dan V.C dengan total 49 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui Teknik tes dan dokumentasi, dan Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test. Hasil hipotesis menunjukan bahwa nilai t_hitung sebesar 2,908, melebihi nilai t_tabel sebesar 1,677 dengan tingkat singnifikan < 0,05 (0,000-0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda layak untuk diterapkan dalam pembelajaran dan memiliki pengaruh yang signifikan.
Item Type: | Thesis (skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD | |||||||||
Depositing User: | Ferdi Ferdi | |||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2024 01:51 | |||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2024 01:51 | |||||||||
URI: | http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/939 |
Actions (login required)
View Item |