Search for collections on Repository Universitas PGRI Palembang

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DENGAN BERBANTUAN SOFTWARE TRACKER DI SMA PGRI SIALINGAN

RAHAYUNINGSIH, INDRI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DENGAN BERBANTUAN SOFTWARE TRACKER DI SMA PGRI SIALINGAN. skripsi thesis, Universitas PGRI Palembang.

[img] Text
d. COVER + Lembar Pengesahan.pdf

Download (174kB)
[img] Text
a. ABSTRAK - Indonesia.docx

Download (21kB)
[img] Text
f. BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
k. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan analisis siswa pada materi momentum dan impuls dengan berbantuan Software Tracker di SMA PGRI Sialingan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pre-Experimental Designs dan jenis desain yaitu one-group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X IPA SMA PGRI Sialingan, dengan sampel diambil secara random sederhana dari seluruh peserta didik X IPA yang berjumlah 17 orang. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa soal essay dan non-tes berupa angket/kuesioner dan observasi. Hasil penelitian ini memperlihatkan adanya peningkatan pada kemampuan analisis peserta didik pada materi momentum dan impuls serta menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan analisis siswa pada materi momentum dan impuls dengan berbantuan Software Tracker di SMA PGRI Sialingan. Hal ini dapat dibuktikan melalui hasil analisis data tes dan non-tes yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik serta hasil perhitungan analisis data uji hipotesis yang diperoleh nilai thitung 9,709 lebih besar dari nilai ttabel 2,120 dengan nilai signifikan <0,001. Kata Kunci: Discovery Learning, kemampuan analisis, Software Tracker

Item Type: Thesis (skripsi)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLubis, Patricia H. M.UNSPECIFIED
ContributorSulistiawati, SulistiawatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Selvi Puspitasari
Date Deposited: 20 Aug 2024 08:31
Last Modified: 20 Aug 2024 08:31
URI: http://eprints.univpgri-palembang.ac.id/id/eprint/924

Actions (login required)

View Item View Item